Tanda Tanda Menopause

Tanda Tanda Menopause – Secara medis hanya ada 3 gejala menopause, yaitu menstruasi yang kacau, semburan panas, dan keringnya vagina. Semua itu disebabkan oleh penurunan kadar estrogen yang diproduksi tubuh. Tanda Tanda Menopause   lain yang kadang juga sangat mengganggu adalah gejala emosional yang disebabkan oleh meningaktnya kadar follical stimulating hormone (FSH, hormon perangsang folikel telur) dan luteinizing hormone (LH).

Tanda Tanda Menopause

Tanda Tanda Menopause

TANDA MENOPAUSE

Berikut ini beberaopa Tanda Tanda Menopause  emosional yang disebabkan membanjirnya FSH dan LH yang sering dialami wanita menjelang menopause :

  1. Suasana hati yang berubah-ubah, mudah marah dan mudah sedih tanpa sebab yang jelas.
  2. Depresi
  3. Sering cemas dan gelisah tanpa sebab yang jelas
  4. Alergi yang meningkat
  5. Sulit tertidur pulas, sering terbangun tanpa sebab.

Selain itu masih ada beberapa Tanda Tanda Menopause  fisik yang sering di alami wanita menopause :

  1. Semburan panas (hot flashes) ini merupakan ciri khas menopause.
  2. banjir keringat di saat terjadi semburan panas maupun di saat tidur malam hari.
  3. Vagina mengering
  4. Jantung berdebar
  5. Kelelahan yang berlebihan
  6. Gangguan kulit
  7. Nyeri sendi

GEJALA KHAS MENOPAUSE

Namun tak semua wanita yang menopause mengalami Tanda Tanda Menopause  yang sama dengan wanita menopause lainnya tergantung dari faktor psikologis dan fisik. Dari beberapa tanda tanda menopause diatas, ada beberapa hal yang merupakan gejala menopause yang khas :

  1. Siklus haid atau periode menstruasi yang berkurang
    Biasanya mereka yang mulai memasuki masa perimenopause akan mengalami menstruasi yang berhenti selama 1 tahun dan tidak akan mengalami menstruasi lagi dimmlai sejak tanggal ia mengalami menstr4uasi pada periode menstruasi yang terakihir. Pada periode menstruasi yang tidak teratur sampai proses menstruasi ini benar-benar berakhir merupakan salah satu tanda tanda menopause yang jelas terjadi. Tidak ada patokan waktu yang pasti dan juelas untuk menentukan kapan periode terakhir menstruasi bisa terjadi, namun dengan cara mencatat siklus menstruqasi bisa membantu untuk menentukan kapan terjadinya periode pada menstruasi.
  2. Semburan panas atau hot flashes
    Gejala menopause yang paling sering terjadi kedua adalah hot flashes. Hal ini diakibatkan karena perubaha hormonal yang bisa mengakibatkan pembuluh darah mengalami pelebaran uuntuk upaya membantu mendinginkan tubuh. Kebanyakan wanita mengalami kulit yang kemeran dan berkeringat selama gejala hot flashes ini sedang berlangsung. Dan kondisi seperti ini akan membuat keadaan jantung akan berdetak lebih kencang. Hot flashes merupakan salah satu keadaan yang normal dan bisa dikontrol dengan melakukan olahraga secara teratur dengan cara menghindari dan menjauhi asupan alkohol, serta jangan makan makanan yang pedas. Selain itu, mjerokok juga bisa membuat keadaan menjadi semakin parah. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah hot flashes ini adalah dengan melakukan TSH atau Terapi Sulih Hormon. Namun, kekurangan dari TSH ini adalah bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung dan penyakit kanker payudara. Sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda agar bisa memutuskan perawatan yang tepat untuk membantu mengatasi masalah yang terjadi ini.
  3. Insomnia atau susah tidur
    Gejala menopause yang sering terjadi lainnya adalah insomnia atau susah tidur. Hal ini merupakan salah satu tanda atau gejala menopause yang biasanya lebih sering muncul di awal menopause. Dan sebagian wanita yang sering mengalami terbangun di malam hari akan berkeringat. Untuk menangani masalah ini hal yang bisa dilakukann adalah dengan menjauhi asupan makanan atau minuman yang mengandung kafein tinggi dan sebaiknya lakiukanlah latihan atau juga melakukan teknik relaksasi.
  4. Perubahan suasana hati
    Biasanya pada wanita yang sedang dalam masa perimenopause akan mengalami masalah perubahan pada suasana hati. Mereka akan lebih mudah marah sebelum dan selama menopause terjadi.

MENCEGAH MENOPAUSE

Setiap wanita pasti akan mengalami menopause, namun dengan gejala yang berbeda-beda karena tidak semua wanita akan mengalami gejala menopause yang sama. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tanda tanda menopause. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Berhenti merokok
    jika Anda seorang perokok aktif, maka sebaiknya mulailah hentikan kebiasaan buruk Anda ini karena akan membuat keadaan Anda menjadi semakin parah.
  2. Melakukan olahraga dengan teratur
    Olahraga yang dilakukan dengan teratur bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu melancarkan sirkulasi darah yang bisa membantu membuat menstruasi menjadi lebih teratur.
  3. Konsumsi makanan sehat kaya akan fitoestrogen
    makanan yang mengandung fitoestrogen merupakan makanan yang sangat baik untuk membantu meningkatkan hormon estrogen di dalam tubuh. Anda bisa mendapatkannya dari produk susu kedelai dan biji-bijian gandum yang merupakan salah satu jenis makanan dengan kandungan fitoestrogen yag tinggi dan bisa membantu mencegah tanda tanda menopause pada wanita.

Tanda Tanda Menopause


=====================================

>>> Menoherbs Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Monopause, Serta Menjaga Keindahan Tubuh Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.