Tanda Tanda Menopause Pada Wanita

Tanda tanda menopause pada wanita berbeda. Gejala menopause sifatnya individual. Para ilmuwan telah menginventarisasi sejumlah gejala pada wanita pada tahap pra-menopause dan menopause, yaitu :

Tanda Tanda Menopause Pada Wanita

Tanda Tanda Menopause Pada Wanita

  1. Semburan panas (hot flashes). Inilah gejala yang paling umum dan nyaris setiap wanita mengalaminya sadar atau tidak. Rasa panas yang datang mendadak dimulai dari dada terus ke leher, lalu ke wajah. Pada malam hari, semburan panas disertai keringat yang mengucur deras.
  2. Jantung berdetak lebih cepat
  3. Mudah marah dan tersinggung.
  4. Suasana hati (mood) yang berubah-ubah, sering sedih tanpa sebab
  5. Vagina kering, mengakibatkan rasa pedih pada saat berlangsungnya hubungan seksual.
  6. Hilangnya libido, terutama pada wanita. Kemungkinan juga disebabkan vagina yang kering sehingga wanita malas melakukan hubungan seksual.
  7. Haid tidak teratur, kadang sedikit tetapi kadang membanjir dengan siklus yang kadang pendek atau lebih lama dari biasanya.
  8. Insomnia, sulit tertidur pulas atau sering kali terbangun mendadak tanpa sebab dan sulit untuk pulas kembali. Kemungkinan disebabkan keringat yang membanjir atau semburan panas.
  9. Lelah berkepanjangan (fatique)
  10. Sering kejang otot
  11. Ukuran dan kelenturan payudara mulai mengendur
  12. Sulit berkonsentrasi dan orientasi
  13. Gangguan memori, sering lupa dan bingung
  14. Inkontinensia (urinary incotinence). Mengeluarkan urine tanpa bisa dicegah, terutama saat bersin, batuk, tertawa terbahak. Ini disebabkan otot halus tidak lentur lagi.
  15. Kulit sering gatal-gatal atau seakan dirayapi semut di bawah kulit.
  16. Sendi dan otot sering ngilu
  17. Keseimbangan sering hilang sehingga berpotensi mudah terjatuh
  18. Pusing/sakit kepala bisa semakin sering atau semakin jarang terjadi.
  19. Sering merasa takut, prihatin, gelisah, murung tanpa sebab atau takut membayangkan kematian.
  20. Gangguan pencernaan karena mual atau banyak gas di dalam perut.
  21. Perasaan tidak berdaya sehingga menimbulkan depresi
  22. Berat badan meningkat karena endapan lemak. Terutama di bagian pinggang, paha, bokong, perut, dan lengan atas.

Sebagian besar wanita yang mengalami Tanda Tanda Menopause Pada Wanita dan menopause pastinya mengalami sebagian dari Tanda Tanda Menopause Pada Wanita  diatas namun pastinya gejala-gejala tersebut juga tidak dirasakan atau dialami oleh wanita menopause lainnya.

MENCEGAH MENOPAUSE WANITA

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah tanda tanda menopause pada wanita adalah :

  1. Memperkaya asupan phytoestrogen. Hormon estrogen pada wanita akan mengalami penurunan secara drastis sebelum mengalami masa menopause. Hormon ini merupakan salah satu kelompok senyawa steroid yang mempunyai fungsi sebagai hormon seksual pada wanita. Dan selain itu, kurangnya steroid akan mengakibatkan terjadinya perkembangan dan mempertahankan tanda-tanda dari kelamin sekunder pada wanita, misalnya adalah organ payudaran dan juga terlibat dari penebalan yang terjadi pada endometrium maupun pada proses pengaturan siklus haid. Untuk membantu mencegahnya maka bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi asupan makanan yang mengandung phytoestrogen yang ada di dalam gandum dan kedelai, tahu serta tempe.
  2. Mengonsumsi susu.
  3. Untuk Anda yang tidak suka mengonsumsi susu, maka bisa diganti dengan mengonsumsi tahu, sayur, tempe namun dengan dosis yang lebih rendah. Misalnya dengan dosis 50 gram tempe atau 120 gram tahu yang mengandung kandungan phytoestrogen yang bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  4. Untuk memasak sayuran, maka sebaiknya jangan memasaknya terlalu lama karena bisa menyebabkan vitamin nyang ada di dalamnya maah akan larut di dalam air jika memasaknya terlalu lama
  5. Sebaiknya gantilah minyak goreng Anda dengan menggunakan minyak zaitun atau juga dengan menggunakan mentega yang rendah akan kalori.
  6. Melakukan olahraga secara teratur sebagai salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membantu mencegah tanda tanda menopause pada wanita. Ovulasi yang terjadi pada wanita yang brjalan dengan tidak normal akibat kesehatan yang menurun merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan pe4nyebab dari menopause akan lebih cepat datang. Walaupun usia bertambah, sebaiknya Anda memastikan bahwa kesehatan tubuh Anda tetap terjaga dengan cara melakukan olahraga atau hanya dengan melakukan peregangan paling tidak di lakukan selama 30 menit dalam sehari.
  7. Jangan merokok. Karena merokok akan mengakibatkan datangnya tanda tanda menopause pada wanita. Selain itu, merokok akan menyebabkan terjadinya gangguan pada kesehatan paru-paru Anda. Untuk para perokok biasanya akan lebih besar resikonya dalam mengalami menopause dini. Hal ini diakibatkan karena merokok bisa menyebabkan penghambatan pada peredaran darah sehingga akan mempengaruhi siklus haid.
  8. Cara mencegah tanda tanda menopause adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Makanan yang mengandung antioksidan sangat baik untuk kesehatan tubuh dan bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun juga bisa membantu untuk mengeluarkan racun dan bisa menunda proses penuaan yang terjadi pada wanita.

Tanda Tanda Menopause Pada Wanita


=====================================

>>> Menoherbs Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Monopause, Serta Menjaga Keindahan Tubuh Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tanda Tanda Menopause and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>