Tanda-Tanda Gejala Menopause

Tanda-Tanda Gejala Menopause – Seiring dengan bertambahnya usia harapan hidup manusia sekarang ini, menopause juga menjadi masalah yang mendapat perhatian khusus wanita modern, karena dengan meningkatnya usia harapan hidup akan lebih banyak wanita yang berhasil melewat masa menopause dalam fase kehiduapnnya.  Tanda-tanda menopause bukanlah merupakan peristiwa yang terjadi secara mendadak, melainkan suatu proses yang berlangsung lama, bahkana ada orang tertentu  dapat berlangsung selama 10 tahun. Jadi tanda-tanda gejala menopause sebanrnya sudah dapat dirasakan oleh sebagian wanita sejak usia 40 tahunan. Proses masa menstruasi benar-benar berhenti terjadi pada seorang wanita ketika memasuki rentang usia antara 48 tahun sampai 52 tahun.

Tanda-Tanda Gejala Menopause

Tanda-Tanda Gejala Menopause

MENGATASI MENOPAUSE

Untuk mengantisipasi tanda-tanda gejala menopause diatas, banyak tipsnya yang dapat dilakukan saat ini. Salah satunya adalah dengan menghambat datangnya tanda tanda menopause secara dini. Hal tersebut dapat dilakukan sejak usia sekitar 40 tahun, antara lain dengan cara melakukan olahraga teratur, tidak merokok dan minum-minuman beralkohol mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, mengonsumsi buah-buahan dan  sayuran yang banyak mengandung vitamin dan jika masih dirasa perlu, mengonsumsi vitamin tambahan, mengurangi konsumsi kopi dan minuman bersoda. Dan yang paling penting adalah lebih banyak mengonsumsi makanan yang banyak  mengandung fitoestrogen. Fitoestrogen adalah senyawa alamiah yang ada dalam tumbuh-tumbuhan dan kacang-kacangan yang struktur  kimianya mirip dengan hormone  estrogen dan disinyalir akan menghasilkan efek seperti kerja estrogen. Kekurangan hormone estrogen yang biasanya terjadi pada menopause wanita, menimbulkan banyak keluhan baik pada emosinya maupun kesehatannya.

PROSES MENOPAUSE

Proses tanda tanda menopause terjadi ketika fungsi indung telur mengalami  penurunan dalam memproduksi hormone. Gejala perubahan karena menopause mulai terasa walaupun menstruasi tetap datang, tetapi pada masa ini sudah terjadi perubahan-perubahan pada saat mengalami haid. Misalnya tanda-tanda gejala menopause adalah menstruasi menjadi lebih singkat masa haidnya atau sebaliknya, ada yang banyak mengeluarkan darah atau sebaliknya, atau bahkan siklusnya datangnya berubah-ubah.  Menurunnya produksi hormone tersebut mengakibatkan tubuh menyesuaikan diri dengan ketidakhadiran hormone tersebut. Timbul tanda-tanda gejala menopause adalah :

  • Terjadi perubahan kondisi haid, bak itu siklus, jumlah dan lama masa haid.
  • Rasa panas (hot flashes) disekitar leher dan wajah, rasa ini biasanya berlangsung singkat dan terjadi pada saat darah haid mulai berkurang dan berlangsung sampai saat haid benar-benar berhenti. Rasa ini dapat diatasi dengan memperhatikan gizi makanan dan melakukan olahraga teratur.
  • Berkeringat di tengah malam, pengeringan daerah vagina, mulai tampak kerutan, kerutan pada kulit, ukuan payudara mengecil, dan perubahan mood.
  • Sembelit juga sering dialami oleh sementara orang pada saat masa haid, sesudah dan sebelumnya haid.
  • Terjadi gangguan tulang, hal ini terjadi karena berhentinya produksi estrogen oleh indung telur akan memperngaruhi keseimbangan metabolism zat kapur (kalsium) dalam tulang. Jika tidak diantisipasi secara dini, maka akan terjadi kekurangan kalsium yang dapat mengakibatkan pengeroposan tulang yang dikenal dengan osteoporosis.
  • Sakit kepala akan sering terjad pada sebagian wanita, karena pembuluh darah menuju otak dan kepala mengembang atau bahkan mengkerut, demikian juga akan terjadi pada syaraf. Pembengkakan seperti halnya pada wanita yang hamil, peristiwa ini sering kali juga terjadi pada wanita menopause. Untuk menghindari gejala seperti ini sebaiknya membatasi konsumsi garam.
  • Rasa nyeri dan linu juga sering terjadi pada usia menopause. Untuk mengatasi hal tersebut adalah perbanyak istirahat dan tidur cukup dalam sehari.
  • Kekeringan di daerah vagina masalah kandung kemih hubungan seksual yang menimbulkan rasa nyeri, kulit kering, gangguan tidur, dan emosi yang mudah berubah-ubah. Anda tak perlu panic akan hal tersebut.

Hal yang harus dilakukan oleh wanita mengenai tanda tanda menopause adalah :

  1. Menerima
    Tanda-tanda menopause harus diterima dengan baik sebagai salah satu tanda  bahwa hal ini merupakan suatu hal yang alami terjadi. Mereka harus menerima dan juga memperhatikan stimulus yang diberikan oleh objek.
  2. Merespon
    Merespon tanda-tanda menopause dengan memberikan suatu jawaban jika ditanya, selain itu juga mengerjakan dan menyelesaikan tugas Anda yang diberikan oleh objek.
  3. Menghargai
    Hal ini dilakukan dengan cara mengajak orang lain untuk mengerjakan atau juga dengan mesikusikanh suatu masalah merupakan salah satu bentuk dari sikap tingkat tiga atau suatu bentuk dari kecenderungan untuk melakukan suatu tindakan.
  4. Bertanggungjawab dengan semua yang dilakukannya yang dipilih dengan menerima segala resiko yang terjadi dan merupakan saloah satu bentuk dari sikap yang paling tinggi menerima tanda tanda menopause.

Pada wanita yang sedang merasakan tanda tanda menopause maka biasanya mereka mempunyai suatu masalah dengan sosiokultural yang sifatanya kompleks yang akan mempengaruhi terjadinya gejala menopause pada perubahan suasana hati serta kognitif, bahkan juga semenjak mereka mulai memasuki masa transisi menopause, wanita akan mengalami berbagai tekanan misalnya seperti penyakit yang sedang dialami, merawat orantua, perceraian yang terjadi dan terjadinyaperubahan karir serta mengalami pensiun.

Tanda-Tanda Gejala Menopause


=====================================

>>> Menoherbs Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Monopause, Serta Menjaga Keindahan Tubuh Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tanda Tanda Menopause and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *