Tanda Dan Gejala Menopause Pada Wanita

Tanda Dan Gejala Menopause Pada Wanita – Jika Anda mengalami menstruasi berhenti disaat usia Anda memasuki hampir usia 50 tahun, mungkin Anda sedang menuju tanda tanda menopause. Namun masih banyak tanda dan gejala menopause pada wanita yang bisa ditunjukkan melainkan hanya dengan melihat dari segi berhentinya menstruasi saja. Coba Anda pelajari dan pahami terlebih dahulu apa gejala yang ditunjukkan dari seseorang yang akan menghadapi tanda tanda menopause.

Tanda Dan Gejala Menopause Pada Wanita

Tanda Dan Gejala Menopause Pada Wanita

Tanda dan gejala menopause pada wanita selain ditandai dengan berhentinya menstruasi, bisa juga ditandai dari segi fisik, segi psikis, dan juga seksual. Pada segi fisik biasanya ditandai dengan berbagai gejala menopause seperti berkeringan di malam hari tanpa sebab, menjadi pelupa, susah tidur, dan mengalami hot flashes, atau bisa juga mengalami masalh konstipasi.

TANDA MENOPAUSE

Tanda dan gejala menopause pada wanita dari segi psikis biasanya ditandai dengan mudah marah atau mudah tersinggung, emosi menjadi lebih labil, layaknya seseorang yang baru memasuki usia pubertas. Suasana hati yang menjadi tidak menentu, dan susah untuk berkonsentrasi.

Sedangkan tanda dan gejala menopause pada wanita dari segi seksual ditandai dengan keringnya vagina yang menyebabkan rasa sakit atau rasa tidak nyaman pada saat Anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Tanda tanda menopause dengan Menurunnya libido atau gairah dalam melakukan hubungan seksual. Biasanya jika Anda pergi ke dokter, maka gejala-gejala diatas bisa membantu Anda dalam menentukan dan mengdentikfikan Anda mendekati masa menopause. Kondisi ini bisa bermanfaat untuk menentukan kapan menopause akan terjadi. Dan Anda masih mempunyai waktu untuk mempersiapkan diri sebelum masa itu datang.

Tanda tanda menopause biasanya ditandai dengan masa perimenopause. Perimenopause merupakan sqalah satu fase atau tahap daloam proses terjadinnya penuaan yakni masa peralihan dari masa reproduktif menuju ke masa non reproduktif. Perimenopause merupakqn masa dimana sebelum terjadinya menopause dan akan terjadi sutu perubahan pada hormon endokrin, biologis, dan juga gejala klinis sebagai saloah satu masa mula dari menopause dan juga terjadi dalam satu tahun atau belahan tahun yang pertama setelah terjadinya masa menopause.

USIA MENOPAUSE

Seorang wanita yang mulai memasuki masa perimenopause di usia 40 tahun biasanya akan mengalami menopause pada saat usia 51 tahun. Tetapi dengan demikian, usia dari terjadinya menopause pada masing-masing wanita tidak semuanya sama. Dan prbedaan yang terjadi pada segi usia biasanya dipengaruhi akibat beberapa gak. Wanita nullipara, penderita penyakit diabetes melitus, perokok berat, dan mempunyai riwayat gizi buruk, hidup dengan diet vegetarian, dan selain itu tingkatan dari sosial ekonomi yang cukup rendah dan biasanya hidup di ketinggian > 4000 m hal ini akan memicu terjadinya menopause lebih awal.

Dan selain itu juga tanda tanda menopause yang terjadi pada wanita kembar atau dengan dizigot atau siklus haid yang lebiyh pendek hal ini juga akan memicu masuknya masa menopause lebih awal. Dan untuk kasus wanita multipara, yang mengonsumsi daging terlalu banyak, atau diakibatkan karena konsumsi alkohol akan membuat masa menopause akan terjadi lebih lama.

Proses dari terjadinya penuaan atau wanita disebut tua sudah dimulai sejak mereka berusia 40 tahun. Dan saat mereka lahir, seorang wanita dengan jumlah folikel sebanyak kurang lebih 750.000 buah dan biasanya jumlah ini akan mengalami penurunan seiring dengan usia yang semakin bertambah sampai pada akhirnya hanya akan tersisa beberapa ribu saja saat sedang mengalami menopause. Dan semakin usia bertambah, khususnya adalah saat sedang memasuki masa perimenopause, fokikel-folikel ini akan mengalami peningkatan terjadinyaresistensi pada rangsangan gonadotoprin. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan pertumbuhan pada folikiel ovulasi, dan selain itu juga akan terjadi pembentukan pada korpus luteum di dalam siklus ovarium yang akan berhenti dengan perlahan-lahan. Pada mereka yang bersusia diatas 40 tahun dengan presentase 25% diantaranya akan mengalami siklus haid yang annovulator.

Dan resistensi pada folikel yang terjadi dengan gonadotropin ini pada akhirnya akan menyebabkan terjadinnya penurunan pada produksi dan kadar hormon gonadotropin yang mengalami peningkatan. Selain itu, kadar gonadotropin yang tinggi biasanya diakibatkan karena rendahnya estrogen sehingga tidak adanya umpan baloik yang sifatnya negatif di dalam poros hyhipotalamus dan juga hipofisis.

MENCEGAH MENOPAUSE

Cara yang bisa dilakukan untuk menunda tanda tanda menopause datang, dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung kandungan baik dan bergizi untuk tubuh. Melakukan olaharaga yang dilakukan secara teratur. Menopause bukan berarti Anda sudah tua, namun hal ini memang terjadi secara alami. Dan setiap wanita pasti akan mengalami hal ini.

Jika Anda takut akan tanda tanda menopause datang karena takut jika disebut tua, maka cobalah persiapkan mental dan diri Anda. Pahami dan berikan pengertian pada diri Anda sendiri, bahwa ini proses alam dan terjadi secara natural, bukan hanya Anda saja yang mengalalminya namun juga wanita lain.

Tanda Dan Gejala Menopause Pada Wanita

 


=====================================

>>> Menoherbs Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Monopause, Serta Menjaga Keindahan Tubuh Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tanda Tanda Menopause and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *